Senin, 18 Oktober 2010

badan usaha dalam tata ekonomi

Timbulnya perdagangan , didasarkan karena seseorang ingin memenuhi kebutuhannya . Pada zaman ketika seseorang masihg dikatakan primitive , manusia memenuhi kebutuhannya dengan cara barter “ menukarkan barang “ . Manusia melakukan barter untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara menukarkan barang mereka dengan barang yang mereka butuh . Tetapi cara ini sangat tidak efektif karena seseorang harus mencari orang lain yang membutuhkan barang yang mereka akan tukar . Hal ini mendorong manusia utuk berpikir mencari jalan yang lebih efektif . Akhirnya mereka membuat alat pertukaran yaitu uang , yang hingga saat ini digunakan oleh hampir semua masyarakat .

* Bisnis
Dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin berkembang orang pun kemudian berpikir untuk berbisnis , dan bisnis itu sendiri mempunyai arti sebuah kegiatan baik secara individu maupun organisasi yang termanage , dengan tujuan mendapatkan laba dan mensejahterakan rakyat .Adanya kegiatan perekonomian , pasti selalu diikutsertakan oleh sumber-sumber dari ekonomi itu sendiri . Yang kemudian sumber-sumber ekonomi itu dikelompokan menjadi :

1 . Manusia
Tanpa adanya manusia , kegiatan perekonomian tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan manusialah faktor yang sangat penting dalam kegiatan perekonomian .
2. Uang
Tidak hanya manusia yang menjadi faktor / sumber utama dalam kegiatan perekonomian , tetapi uang juga mempunyai peranan yang amat penting dalam kegiatan perekonomian . Karena jika hanya ada manusia tetapi tidak ada uang maka kegiatan perekonomian tidak akan berjalan .

3. Material
Material disini berarti bahan – bahan / peralatan yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan usaha .Oleh karena itu material merupakan faktor pendukung dalm kegiatan usaha .

4 .Methode
Ide – ide , inisiatif dan kreatifitas juga sangat diperlukan dalam kegiatan perekonomian , dengan hal itu akan tercipta kegiatan usaha yang lebih teroganisir .


*TUJUAN BISNIS
Tujuan bisnis terbagi menjadi 2 :
1 . Tujuan Ekonomi
Tujuan bisnis dalam pandangna ekonomi adalah mncari keuntungan , semua melakukan bisnis untukmemperoleh uang dan memperluas usaha .
2 . Tujuan sosial
Tujuan Bisnis dalam pandangan sosial adalh menyejahterakan rakyat yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan masyarakat .

Bisnis sendiri kemudian diklasifikasiakn menjadi :
1 . Usaha pertanian
2 . Produksi bahan mentah
3 . Pabrik / Manufaktur
4 . Konstruksi
5 . Perdagangan besar-kecil
6 . Transportasi dan komunikasi
7 . Finansial
8 . Usaha jasa
9 . BUMD , BUMN

* Hubungan antara faktor produksi
Faktor produksi itu sendiri terdiri dari :
1 . Sumber daya alam
2 . Tenaga Kerja
3 . Modal
4 . Kewirausahaan

Dari semua faktor produksi yang ada , ada hubungan yang saling berkaitan satu sama lain , Adanya sumber saya alam tidak dapat diolah jika tidak ada tenaga kerja , dan kegiatan pengolahan tersebut tidak dapat terwujud tanpa adanya modal dan inisiatif untuk melakukan suatu usaha .

* Kegiatan Bisnis
Kegiatan bisnis terbagi menjadi 2
-Bisnis besar / perusahaan besar
-Bisnis kecil / perusahaan kecil

Kegiatan bisnis tersebut dibedakan oleh faktor – faktor produksi yang mendukungnya , misalkan usaha besar , tenaga kerja yg dibutuhkan akan banyak dan sedangkan usaha kecil tenaga kerja yang dibutuhkan relative lebih sedikit . Dari segi Modal , usaha besar akan membutuhkan modal yg besar , sedangkan usaha kecil akan membutuhakan modal lebih sedikit dibanding perusahaan besar .
Dan dengan adanya kegiatan bisnis akan sangat berdampak pada perkembangan perekonomiannya juga , karena dengan adanya suatu usaha akan memajukan segala aspek kehidupan masyarakat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar