Senin, 18 Oktober 2010

lingkungan perusahaan dan pertanggung jawaban sosial

Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan adalah segala hal yang mempengaruhi perusahaan baik dari faktor internal maupun eksternal . Dengan adanya faktor – faktor tersebut , bias menambah keuntungan perusahaan dan juga bias menghambat jalannya kegiatan perusahaan . Lingkungan perusahaan kemudian terbagi menjadi dua yaitu lingkungan umum dan lingkungan khusus .

* Lingkungan Umunm
a . Politik
politik akan sangat mempengaruhi kegiatan usha dengan adanya kebijakan kebijakan pollitik yang berlaku di suatu Negara .
b .Hukum
perusahaan , merupakan suatu kegiatan yang dinaungi oleh hukum . Maka dari itu faktor hukum akan sangat mempengaruhi kegiatqan maupun keputusan suatu perusahaan .
c .Sosial
Dalam faktor sosial , terdapat struktur golongan masyarakat yang mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan .
d .Perekonomian
Yaitu suatu faktor yang mempola suatu perusahaan seperti kepemilikan perusahaan maupun tentan sistem perpajakan .
e .Kebudayaan
Kebudayaan itu sendiri mencakup latar belakang suatu masyarakat dimana perusahaan berada . Sehingga perusahaan harus mengikuti dan menghargai apa yang menjadi suatu kebudayaan di tempat tersebut .
f .Pendidikan
Pendidikan sangat mempengaruhi jalnnya kegiatan perusahaan . Semakin tinggi pendidikan seserang maka akan semakin tinggi tingkat produktivitas suatu perusahaan .
g .Teknologi
Adanya teknologi akan mempengaruhi perkembangan perusahaan dalam hal yg positif karena ssegala aktivitas perusahaan akan lebih cepat terselesaikan .
h .Demografi
Faktor ini merupakan faktor eksternal yang meliputi sumber tenaga kerja yang tersedia dalam masyarakat , angkatan kerja , tingkat kelahiran . Hal membuat perusahaan akan memikirkan kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang .



* Lingkungan Khusus
a .Penyedia
Faktor ini meliputi ketersediannya bahan baku , alat-alat produksi dan tenaga kerja . Jika itu semua sudah ada maka kegiatan perusahaan akan dapat berjalan sebagaimana mestinya .
b .Pelanggan
Faktor ini akan memperlancar kegiatan perusahaan karena dengan tidak adanya pelanggan maka kegiatan perusahaan tidak akan berjalan .
c .Pesaing
Pesaing itu sendiri bias dikatakan sebagai faktor kesuksesan . knp ? jika kita menganggap bahwa dengan adanya pesaing kegiatan usaha kita tidak akan lancer , maka faktor pesaing akan menjadi penghambat bagi kegiatan perusahaan , tapi jika kita menganggap bahwa dengan adanya pesaing akan menimbulkan peluang , maka kita akan selalu berpikir untuk lebih inovatif dalm mengembangkan usaha .
d .Teknologi
e .Sosio Politik
Lingkungan ini mencakup beberapa aspek , yaitu : kehidupan masyarakat dan peran pemerintah dalam jalannya kegiatan perusahaan .

* Tanggungjawab Perusahaan
Disamping hanya menjalankan kegiatan perusahaan . Perusahaan juga mempunyai tanggung jawab sosial . Tanggungjawab-tanggungjawab itu sendiri diberikan kepada pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan kegiatan perusahaan .
Pihak – pihak yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan antar lain :
1 . Pelanggan
Tanggungjawab perusahaan terhadap pelanggan dapat berupa penjaminan kualitas suatu produk yang dibeli oleh pelanggan dan mendengarkan pendapat pelanggan .
2 . Tenaga kerja
Tanggungjawab perusahaan terhadap tenaga kerja dapat berupa jaminan kerja dan pemberian bonus .
3 . Lingkungan
Tanggungjawab perusahaan terhadap lingkungandapat berupa perhatian perusahaan terhadap masyarakat sekitar untuk mempekerjakan masyarakat sekitar di perusahaanya .
4 . Investor
Tanggungjawab perusahaan terhadap investor dapat berupa pemberitahuan laporan keuangan perusahaan . Agar investor tahu bahwa perusahaan tidak ada niat untuk menggelapkan dana yang diinvestasikannya .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar