Minggu, 19 Desember 2010

AKUNTANSI
• Akuntansi adalah proses pengidentifikasian,pengukuran,pencatatan,dan pelaporan informasi ekonomi yang berguna untuk penilaian dan pengambilan keputusan bagi pihak yang memerlukan.

• Akuntansi adalah proses mengidentifikasi/mengenali,mengukur,dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. (menurut american accounting association)

FUNGSI AKUNTANSI
• Bagi pihak intern
Akuntansi berfungsi untuk mencapai tujuan-tujuan berikut:
a. Perencanaan
Berdasarkan informasi yang tepat,dapat disusun rencana kerja yang baik untuk pelaksanaan kegiatan tahap berikutnya.
b. Pengendalian
Berdasarkan rencana dan penerapan sistem akuntansi yang baik,dapat dikontrol atau dinilai jalannya kegiatan perusahaan.
c. Pertanggungjawaban
Setelah diadakan pencatatan terhadap semua transaksi dan kejadian,pada akhir periode disusun laporan keuangan untuk disampaikan kepada pemilik atau pihak ekstern lain untuk mendapatkan penilaian.

• Bagi pihak ekstern
Akuntansi digunakan sebagai alat bantu untuk mengambil keputusan ekonomi bagi pihak yang memerlukan.

PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN TERHADAP AKUNTANSI

• Pihak intern
Pihak intern (internal users) adalah manajer atau pemimpin,yaitu orang yang bertanggungjawab terhadap kegiatan perusahaan.pemimpin perusahaan memerlukan informasi akuntansi sebagai dasar untuk membuat perencanaan,menentukan kebijakan untuk masa yang akan datang,mengadakan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan perusahaan yang dikelolanya dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapainya.

• Pihak ekstern
Pihak ekstern (external users) terdiri dari banyak kelompok yang berbeda-beda kepentingannya atas laporan keuangan perusahaan.

a. Pemilik perusahaan
Memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui posisi keuangan,perkembangan perusahaan,prospek usaha dan untuk menilai keberasilan manajemen dalam mengelola perusahaan.

b. Calon investor
Calon investor memerlukan data akuntansi untuk mengetahui tingkat rentabilitas(kemampuan menghasilkan laba) dan prospek usaha perusahaan.

c. Kreditor/calon kreditor
Mereka memerlukan informasi keuangan untuk mengetahui posisi dan prospek keuangan perusahaan,keadaan likuiditas,dan solvabilitas perusahaan sehingga risiko kredit macet dapat dikurangi.

d. Pemerintah
Pemerintah membutuhkan informasi akuntansi untuk perhitungan pajak.

e. Karyawan
Dengan informasi akuntansi,Karyawan dapat mengetahui prospek perusahaan untuk masa yang akan datang yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan.  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar