Selasa, 03 Januari 2012

Sejarah Rally

World Rally Championship atau disingkat WRC adalah seri balapan reli diorganisasikan oleh FIA, memuncaki dengan kejuaraan pembalap dan manufaktur. Kejuaraan pembalap dan kejuaraan manufaktur berdasarkan kejuaraan terpisah, tetapi dasar serupa sistem penilaian. Kejuaraan ini didirikan pada tahun 1973. Pabrikan yang mengoleksi kejuaraan
dunia terbanyak ialah Lancia sebanyak 10 kali dan untuk pereli dipegang oleh Sébastien Loeb dengan 5 gelar juara dunia.

Sejarah:

WRC terbentuk Oleh FIA di tahun 1973 dan merupakan bagian dari European Rally Championship dan Kejuaraan Internasional Untuk Manufaktur Mobil yang berpartisipasi. 186 negara yang masuk dalam acara reli bergengsi ini. Ada beberapa grup untuk mobilnya. Saat itu ada grup A dan digantikan dengan mobil grup B, termasuk Lancia dengan Stratos dan Audi dengan Audi quattro '82. Syarat mobil modifikasi yang dizinkan ikut balapan adalah two-litre four-cylinder
cars, but feature turbochargers, anti-lag systems, four-wheel-drive, sequential gearboxes (paddle shift), aerodynamic parts dan lainnya yang membuat biaya memodifikasi mobil WRC sebesar $ 1 juta. WRC juga men-support 3 acara tambahan, Junior World Rally Championship (JWRC), Production World Rally Championship (PWRC), Super 2000 World Rally Championship (SWRC) dengan acara yang sama dan tempat yang sama, tetapi dengan regulasi yang berbeda. 

Sejarah Acara WRC

Seperti yang diketahui, WRC terbentuk dari acara reli terkenal. Sembilan dirantaranya adalah IMC (International Manufacture Championship), yang pernah ditayangkam dari tahun 1970 hingga 1972. Setelah itu WRC lahir di tahun 1973 dengan Acara pertamanya yang bernama 42ème Rallye Automobile de Monte-Carlo. Di Kompetisi pertamanya WRC, Alpine-Renault mengambil kemenangan pertama dengan Alpine 110 nya. Setelah itu Lancia mengambil gelar juara selama 3 tahun berturut-turut dengan Lancia Stratos yang dibuat khusus Rally dengan mesin Ferrari V6.

Di tahun 1980an mobil 4WD alias penggerak 4 roda diganti dengan penggerak 2 roda tetapi menurut manufaktur sponsor mengatakan itu terlalu komplek untuk sukses. Bagaimanapun, setelah Audi dengan pembalap pilihan mereka, Mikkola dengan Audi Quattro meraih kesuksesan, perusahaan manufaktur lain mencoba Proyek All wheel drive mereka. Di tahun 1982, Regulasi Grup B mulai dikenalkan dengan standar AWD dan sejak itu Audi meraih juara di manufaktur dan pembalap mereka, Mikkola di tahun 1982 dan 1984. Di saat itu Michele Mouton, pembalap wanita dari Audi yang berkebangsaan Perancis nyaris mencapai kemenangannya, tapi dikalahkan oleh saingannya dari Opel, Röhrl. Di tahun 1985 ada 2 kecelakaan buruk yang terjadi oleh Vatanen dengan Peugeot 215 dan alm. Attilio Bettega dengan Lancia 037 di Tour de Corse

Pada tahun 1986 acara WRC diwarnai aksi impresifnya Finns Henri Toivonen dan Alen dengan Lancia Delta S4 yang ketika berjalan di permukaan tanah dari 0 - 60 mph dalam waktu 2,3 dtk. Tapi, banyak sekali kecelakaan yang terjadi. Di rally Portugal, 3 penonton meninggal dan 30 lainnya terluka karena Ford RS200 milik tim Joaquim Santos lepas kendali. Berikutnya Toivonen dan Sergio Cresto mati pada saat terlempar di puncak Tikungan Tour de Corse. Dan 1 jam setelah itu, Group B di di coret karena tidak sesuai regulasi.

Pada tahun 1990an Regulasi Grup A diluncurkan dengan standar mobil penggerak 4 roda dan bermesin turbo seperti Toyota Celica, Subaru Impreza dan Mitsubishi Evolution.....

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar